AGUSNI'S BLOG

Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran.

  • AGUSNI'S BLOG
  • LANGUAGES

  • SELAMAT DATANG

    Blog ini berisi tentang dunia pendidikan, pendidikan Mesin, komputer (internet), Kisah-kisah,serta opini dari penulis. Siapapun dapat memanfaatkan isi blog ini, terutama rekan guru, siswa , dan pemerhati pendidikan serta pengguna komputer dan internet. Pertanyaan, kritik, dan saran silahkan disampaikan di Ruang Tamu. Terimakasih atas kunjungannya.

  • free counters

MERINTIS KERJASAMA SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI

Posted by Agusnie pada Maret 18, 2016

pelatihanPada Kegiatan kali ini kebetulan dapat kamarnya pas  , View nya bagus sekali,  Melihat hamparan kebesaran Sang maha pencipta dari lantai delapan hotel Marbella Anyer..Subhanallah.membicarakan kebesaran Allah tidak akan pernah ada habisnya.

Iseng -iseng disaat jeda istirahat ,saya mencoba menulis sebuah isi dari paparan seorang nara sumber dalam kegiatan yang saya ikuti.

“Merintis Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Dunia industri” Seperti itulah materi yang disampaikan oleh bapak andi SETO (Wakil Ketua APINDO Propinsi Banten)dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Banten yang dilaksanakan pada : 17-20 Maret 2016 di MARBELLA HOTEL ANYER dengan Tema ” Rintisan Kerja sama SMK dengan Dunia Usaha / Industri” yang diikuti oleh kurang lebih 250 peserta dari SMK yang ada di Propinsi banten.

Dalam Paparannya beliau menjelaskan bahwa prioritas perekrutan yang dilakukan oleh perusahan kepada calon karyawan adalah

1 .Mental Kerja

2. Pengetahuan/Keterampilan

3. Nilai pelajaran

Mental kerja menjadi prioritas yang pertama yang dipilih oleh Perusahaan.Tentunya dunia Usaha/ Industri menuntut para pekerjanya  memiliki kedisiplinan yang  tinggi, tahan banting, percaya diri serta kuat.akan sangat percuma jika para siswa SMK memiliki fisik yang kuat, otak yang pintar tetapi tidak memiliki mental yang baik. Untuk itu tugas yang utama bagi para Pendidik adalah membentuk karakter siswa SMK  agar memiliki Mental yang kuat, disiplin,Percaya diri dan memiliki sikap dan perilaku yang baik,Selain memberikan Pengetahuan/keterampilan.

Sekolah Menengah Kejuruan sebagai sekolah yang menghasilkan lulusan yang memiliki Keahlian khusus  pada jenjang menengah diharapkan mampu memasuki Dunia Kerja dan Industri serta berkontribusi terhadap laju pertumbuhan ekonomi nasional. kurangnya keterserapan lulusan SMK dalam dunia usaha/industri mengakibatkan angka pengangguran tiap tahunnya semakin bertambah.untuk itu kiranya perlu pemikiran dan langkah konkret agar lulusan SMK mendapat tempat di DU/DI. Kemitraan atau kerja sama sekolah (SMK) dengan dunia  usaha/industri dalam hal ini perlu dilakukan

Terkait dalam hal itu Pak Seto juga Menyampaikan Kiat-kiat Membangun Kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri,yaitu

  1. Saling Mengenali
  2. Tentukan Jenis Kerjasamanya, Apakah Pra Lulusanya, Pasca Lulusanya, pendidiknya, sarana belajarnya dll.
  3. Monitor dan Evaluasi

Problem kerjasama

  1. Over Estimate
  2. Sekedar gugur tugas
  3. Putus Komunikasi.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar