AGUSNI'S BLOG

Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran.

  • AGUSNI'S BLOG
  • LANGUAGES

  • SELAMAT DATANG

    Blog ini berisi tentang dunia pendidikan, pendidikan Mesin, komputer (internet), Kisah-kisah,serta opini dari penulis. Siapapun dapat memanfaatkan isi blog ini, terutama rekan guru, siswa , dan pemerhati pendidikan serta pengguna komputer dan internet. Pertanyaan, kritik, dan saran silahkan disampaikan di Ruang Tamu. Terimakasih atas kunjungannya.

  • free counters

Tips Menyelesaikan soal UN 2013

Posted by Agusnie pada April 9, 2013

Soal UN 2013 jenjang SMP/MTs/SMA/MA/SMK dalam satu ruang terdiri 20 paket soal. Yang harus diperhatikan oleh peserta adalah lembar soal dan lembar jawaban merupakan satu paket. Untuk itu, perlu pemahaman teknis agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal. Berikut tips sederhana yang perlu dipahamai mengenai soal dan LJK UN 2013.
Tahap Awal
1. Berdoa.
Merasa sudah menguasai materi ok. Tapi ketenangan hati sangat diperlukan, dan dari doa yang tulus inilah akan mendapatkan kesejukan hati sehingga dengan hidayah Allah akan mendapatkan kejernihan pikir.
2. Belajar dan belajar … !
Berusaha adalah wujud harapan dari berdoa.
3. Belajar dengan tepat.
Materi belajar berpedoman pada kisi-kisi soal kemudian cari materi di buku. Soal-soal try out yang sudah sesuai kisi-kisi perlu dipeljari dengan cermat.
Siap Berangkat
Minta doa restu pada ayah dan ibu.  Pastikan pensil, pulpen, kartu peserta sudah masuk tas. Persiapkan waktu berangkat bisa lebih awal sehingga di jalan tidak tergesa-gesa. Tahap Kerja Mengerjakan Soal UN Berdoa lebih dahulu sebelum mulai bekerja. Tahap 1.
Mengecek kelengkapan soal Memastikan bahwa antara naskah soal dan LJUN masih bersatu. Kalau sudah dalam keadaan terpisah, peserta wajib melaporkannya kepada pengawas dan meminta ganti. Jangan sampai peserta ambil risiko, tetap mengambil naskah soal dan LJUN yang sudah terpisah itu. Harus diganti dengan yang masih dalam kondisi bersatu. Memastikan bahwa naskah soal dan LJUN tidak dalam kondisi rusak. Peserta perlu memperhatikan satu per satu lembar pada naskah soal dan memastikan bahwa tidak ada satu pun soal yang rusak atau tidak terbaca. Jika peserta menemukan soal yang rusak di tengah-tengah proses pengerjaan soal, peserta harus meminta naskah soal dan LJUN yang baru.  Andai peserta sudah mengerjakan hingga nomor 20 dan menemukan soal yang rusak pada nomor 21  maka artinya peserta harus menjawab dari nomor satu lagi.  Jelas, peserta akan mengalami kerugian waktu. Dan, akibat yang fatal adalah nilai ujian. Jika telah memastikan bahwa naskah soal dan LJUN dalam keadaan masih bersatu dan tidak rusak, tahap berikutnya:
Tahap 2.
Mengisi Identitas pada Soal dan LJK Menuliskan nama dan nomor ujian pada kolom yang tersedia di halaman 1 (satu) naskah soal dan LJUN  sebelum dipisahkan. Memisahkan LJUN dari naskah soal (setelah identitas ditulis pada nasakah soal dan LJK). Langkah ini penting untuk mengantisipasi tertukarnya naskah soal dengan LJUN.  Karena, naskah soal memiliki barkode yang sama dengan LJK dalam satu paket untuk satu peserta. Sebagai contoh, naskah soal memiliki barkode A1 maka LJK juga memiliki barkode A1. Peserta yang lain, memiliki naskah soal dengan barkode A2 maka LJK juga dengan kode A2. Nah, kalau naskah soal dan LJK belum diberi identitas dan terlepas maka andai tertukar sangat berbahaya.
Tahap 3.
Melengkapi Identitas pada LJK Lengkapi isian pada LJUN secara benar.  Pastikan identitas yang diisikansudah benar sesuai dengan kartu peserta ujian. menandatangani pernyataan “mengerjakan UN dengan jujur”. Tahap 4.
Mengisi Daftar Hadir Peserta UN mengisidaftar hadir dengan menggunakan pulpen yang  disediakan oleh pengawas ruangan.
Tahap 5.
Mengerjakan Soal Baca soal dengan cermat untuk memahami kata kunci soal. Soal yang dirasa sulit, bisa dilewati dulu. Jangan berhenti terlalu lama dalam satu soal karena mungkin pada soal berikutnya mudah dikerjakan sedangkan waktu tinggal sedikit karena berpikir lama pada soal sebelumnya. Sebelum LJK diserahlan Pengawas, cek kembali identitas dan jawaban. Jika sudah selesai mengerjakan dan waktu masih tersedia, jangan gunakan waktu dengan kegiatan yang melanggar tata tertib.  Manfatakan untuk mengecek identitas dan jawaban.
Semoga tips sederhana ini bermanfaat!  Selamat belajar bagi bagi adik-adik, semoga selalu sehat dan dirahmati Allah SWT. sumber : tunas63.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: